"Life begins at the end of your comfort zone"

24 November 2019
Hari  aku jalan sama temanku mbak Nuke. Rencananya kami akan ke kampong Glam, Masjid Sultan,  foto sama merlion, Shoope mal, Garden the bay dan terakhir nonton pertunjukan spektra.

Aktifitas dimulai dari sarapan dihotel, walaupun menunya sederhana, nasi goreng, sosis dan scrambel, tapi menurutku ini makanan paling enak selama di Singapura. Tahu sendirikan demi pengiritan aku nggak banyak jajan selama disana.

Kami berangkat dari hotel sekitar jam 10 an supaya bisa sholat duhur di Masjid Sultan.

Rute perjalanan dari MRT terdekat dari Hotel Great Madrass adalah sebagai berikut :

Great Madrass berada dikawasan litle india
walk to Rochor (DT13)
wait for DOWNTOWN LINe
ride to Bugis (EW12|DT14)
exit at B
walk to..470 m

Baca juga :

A. Kampung Glam (Kawasan Arab Street)

Arab street merupakan pusat tempat tinggal masyarakat muslim di Singapura yang lokasinya berada di Kampung Glam. Konon sebutan 'gelam' berasal dari Pohon Gelam alias Pohon Kayu Putih yang banyak tumbuh di kawasan ini.

Arab Street bisa kita jumpai ruko - ruko yang menjual berbagai perlengkapan ibadah bagi umat muslim. Kawasan ini juga menjadi pusat perbelanjaan produk tekstil dan parfum.

Traveling Singapura 4D3N (Kampung Glam dan Masjid Sultan)

Kawasan kampung Glam selain terkenal sebagai lokasi tempat penginapan murah yang diminati para backpacker,  juga memiliki sejumlah objek wisata menarik bagi yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai sejarah Melayu dan Arab di Singapura.
Di kawasan ini kami hanya mengunjungi Haji lane, arab street dan Masjid Sultan.

1. Haji Lane

Traveling Singapura 4D3N (Kampung Glam dan Masjid Sultan)

Haji lane adalah jalan kecil tak jauh dari arab street. Haji Lane menjadi lokasi belanja pernak-pernik fesyen bernuansa hipster. Disini juga dapat kita temui grafiti warna warni yang cantik dan bagunan chinese shophouse yang usianya ratusan tahun.

Haji Lane juga menjadi lokasi banyak bar dan kafe yang biasa dipenuhi anak muda kongko dari sore hingga malam hari. Ada spot - spot yang instagramable juga yang bisa di buat foto - goto cantik disini.

2. Masjid Sultan

Traveling Singapura 4D3N (Kampung Glam dan Masjid Sultan)

Selanjutnya kami menuju Masjid Sultan sampai sana sekitar jam 11 an, jadi kami menunggu waktu sholat duhur sambil foto - foto..gabut euy. Perut sudah mulai keroncogan tapi karena kami nggak menemukan makanan yang cocok, akhirnya kami hanya makan roti bekal yang aku bawa dari hotel.

Sayangnya cuaca tidak mendukung, ketika duhur tiba hujan turun begitu deras, akhirnya kami harus menunggu  cukup lama di masjid sampai hujan reda. But whatever, alhamdulillah kami bisa salat duhur berjamaah disini.

Masjid Sultan Singapura menjadi salah satu masjid tertua dan terbesar di Singapura dengan daya tampung mencapai 5,000 jemaah. Masjid ini dibangun pada tahun 1824 untuk Sultan Hussein Shah, sultan pertama di Singapura. Sir Stamford Raffles, pendiri Singapura, memberikan $3.000 untuk konstruksi gedung satu lantai dengan atap dua lapis.

Traveling Singapura 4D3N (Kampung Glam dan Masjid Sultan)

Masjid Sultan Singapura kemudian mendapatkan pengakuan dari pemerintah Republik Singapura para tanggal 14 Maret 1975 sebagai national monument. Dan statusnya pun kini dimiliki dan dikelola oleh Majlis Ugama Islam Singapura (MUIS).

Masjid Sultan berada di Jalan Muscat (Muscat Street) menjadi perkampungan pendatangan dari Muscat, Oman, di kawasan Kampong Glam. Masjid Sultan dibangun di sini sebagai tempat ibadah masyarakatnya yang mayoritas Islam.

Setelah menghabiskan beberapa jam di Kampung Glam kami melanjutkan perjalanan menuju kawasan Marina Bay Sand...ditunggu ulasannya....

baca juga :

Pengalamanku Solo Traveling Ke Singapura 4D3N (Pulau Sentosa, Chinatown dan Bugis Street)

Traveling Singapura 4D3N (Kampung Glam dan Masjid Sultan)

"Life begins at the end of your comfort zone"

24 November 2019

Great Madrass berada dikawasan litle india
walk to Rochor (DT13)
wait for DOWNTOWN LINe
ride to Bugis (EW12|DT14)
exit at B
walk to..470 m

Baca juga :

A. Kampung Glam (Kawasan Arab Street)

Traveling Singapura 4D3N (Kampung Glam dan Masjid Sultan)

Di kawasan ini kami hanya mengunjungi Haji lane, arab street dan Masjid Sultan.