CAPPADOCIA (KAPADOKYA)

Cappadocia merupakan daerah bersejarah di Anatolia Tengah, terutama di Provinsi Nevsehir, Turki. Daerah ini menjadi tujuan wisata populer karena mempunyai banyak tempat dengan sejarah,  ciri geologi, dan budayanya yang unik.

Cappadocia berisi beberapa kota, termasuk Nevsehir, Aksaray, Nigde, Kayseri, dan Kersehir. Wilayah Fairy Chimneys dan wisata bersejarah yang banyak dikunjungi turis berada di kawasan yang mencakup Uchisar, Urgup, Avanos, Goreme, Derinkuyu, Kaymakli, dan Ihlara.

Erosi membuat lembah-lembah Goreme di Cappadocia terlihat terpahat sempurna. Pada abad keempat Masehi, kebudayaan dan perkotaan di bawah tanah dimulai di daerah ini. Letusan gunung berapi dari zaman prasejarah menyelimuti daerah-daerah Cappadocia, dan dengan bantuan angin dan aliran air menyisakan bentuk-bentuk lembah dan perbukitan dengan kerucut ukiran-ukiran indah seperti di negeri dongeng yang membentang setinggi 40 meter mencuat ke atas langit.

Jadi, jika ingin mengekplorasi Cappadocia, base terbaiknya ada di Goreme. Untuk mencapai Goreme bisa dengan bisa bus, kereta, mobil sewaan maupun pesawat terbang.

Day 3 (tanggal 2 Juni)

Perjalanan menuju Cappadocia (Goreme) bisa ditempuh dengan penerbangan domestik by Turkish Airlines. Untuk rutenya bisa ambil flight Istanbul - Nevsehir (NAV) atau Istanbul - Kayseri (ASR). Karena mempertimbangkan waktu tempuh dan jarak menuju Cappadocia aku memilih rute Istanbul - Nevsehir. Untuk tiketnya aku booking langsung ke Webnya seharga TRY 352 atau sekitar 800rban.

solo traveling ke Turki

Penerbangan dari New Istanbul Airport ke Nevşehir Kapadokya Airport hanya menempuh waktu sekitar 1 jam 25 menit  by Turkish airlines.  Ini the first time pula naik pesawat Turkish. Sepertinya untuk penerbangan domestik di negara Turkey tidak terlalu ketat aturannya, penumpang bebas membawa air over 1 Liter dan bahkan boleh juga membawa hewan..hehe.. berasa naik angkutan umum alias angkot.

Untuk fasilitas pesawat Turkish Airlines lumayan juga, ada TV dan dapat breakfast. Aku sengaja mengambil penerbangan paling pagi karena sudah semalaman menginap di Bandara, Pesawat Take off pukul 06:35 waktu setempat.

Oh ya mau cerita dikit tentang New istanbul Airport ini, bandara yang besar itu sungguh membingungkan. Counter chek in nya juga banyak banget. Aku sampai berkali kali menanyakan dimana aku harus chek in, dan nggak enaknya lagi gatenya juga jauh banget plus saat menuju pesawat juga harus pakai shutle bus.So, untuk kalian yang akan melakukan penerbangan melalui bandara ini sebaiknya spare waktu lebih lama.

Nevşehir (Cappadocia) Airport ke Terra Vista Hostel, How to Get There?

Cara termurah untuk ke hotel di Goreme adalah menggunakan layanan bis antar-jemput bandara yang dapat di pesan lewat hostel. Untuk mengkonfirmasi pemesanan, kita  perlu menginformasikan nomor penerbangan, nama bandara, dan waktu kedatangan Anda.  Biayanya 30 tl per orang dari bandara Nevşehir (Cappadocia) ke hostel  dan 35 tl per orang dari bandara kayseri ke hostel. Mobil yang digunakan semacam mini van yang muat untuk penumpang sekitar 15 orang. Apabila ingin menggunakan taksi,  biayanya 250 tl  dan waktu yang dibutuhkan  lebih dari satu jam.

Anyway, Pesawat landing di Nevsehir airport tepat pukul 8.00 AM. Bandara Nevsehir ini sangat kecil cuma ada area pengambilan bagasi aja dan sedikit ruang untuk ruang tunggu. Keluar dari bandara sudah banyak orang - orang yang akan menjemput. Celingukan aku mencari orang yang membawa tulisan dengan namaku dan akhirnya ketemu juga.

Sebelum ke Turkey aku memang sudah memesan share airport shuttle bus  ke hostel lewat pihak hotel seharga 30 TL per orang. Memang lebih mudah menggunakan shuttle bus karena angkutan umum disana sangat jarang ada dan kalau menggunakan taksi juga mahal.

Hostel yang aku pesan di Goreme adalah Terra Vista Hostel, aku memilih hostel ini karena dekat dengan terminal bus (Goreme bus station) dan letaknya juga di pusat kota Goreme. Bookingnya lewat booking.com seharga 35 euro. Jangan heran ya..selain lira orang Turki juga biasa menggunakan euro untuk transaksi.

Hotel maupun hostel di Goreme, Cappadocia, biasanya memiliki gaya atau concept cave, Kalau anda kesana tidak ada salahnya mencoba cave room hotel biar tahu rasanya tinggal di cave seperti orang lokal tempo dulu.

Perjalanan menuju hotel sungguh terasa singkat karena sepanjang jalan mata kita akan dimanjakan pemandangan alamnya yang sungguh indah, berasa seperti berada di negeri dongeng. Sampai hotel sekitar jam 9.00. Untungnya Ahmet pemilik Terra Vista Hotel Baik banget, dia mengijinkan aku untuk early chek in lebih awal dan senengnya lagi kamarku di upgrade di kamar triple dengan jendela di bagian depan (triple room yang hanya kutempati sendiri sungguh tidak asyikk..hehe).

Ketemu kasur itu rasanya wowww banget,  setelah berhari hari tidur di kursi. Apalagi bednya empuk dan selimutnya tebal, beuhh nyaman banget. So,sesampai di hotel segera aku masak nasi, trus mandi dan istirahat siang.  Sorenya sekitar jam 15.00 aku ikut ATV tour. Dengan pertimbangan waktu yang terbatas dan transportasi lokal juga susah, aku memilih untuk ikut lokal tour . Kebetulan pihak hotel juga menawarkan paket - paket tour, jadi aku pesan paket tournya by hotel.

Oh ya tambahan info,  Hotel Terra Vista ini juga menyediakan layanan jasa money changer dengan kurs harga yang kompetitif, so kamu tidak perlu kuatir kehabisan lira saat berada di Goreme dan tidak perlu keluar hotel untuk mencari money changer.

Solo traveling ke Turki
ATV Tour

Berikut adalah penawaran paket tour dari Terra Vista Hostel :
We received your reservation and we confirm that your reservation ;

If you are interested to doing activities here we have best deals for our hostel guests;

BALLOON TOUR + GREEN TOUR + RED TOUR IS 215 EUROS PER PERSON

BALLOON TOUR + GREEN TOUR IS 190 EUROS PER PERSON

BALLOON TOUR + TURKISH BATH IS 180 EUROS PER PERSON

ATV SUNSET TOUR + TURKISH BATH IS 45 EUROS PER PERSON

GREEN TOUR + TURKISH NIGHT IS 60 EUROS PER PERSON

(If the balloon tour cancel couse of bad weather then we just charge other tours individually)

HOT AIR BALLOON TOUR : Pick up from hostel around 4:30 am, there is some tea or coffee service before flight, 45-60 mins flight which depends on weather and landing area, after landing there is champagne service none alcohol, certificate and they bring you back to our hostel around 7:30 am. It s 160 euros per person

RED TOUR : Depart around 10:00 am from our hostel to see Devrent Valley to see the unigue fairy – chimneys, drive to pasabag (Monk’s Valley) to see most interesting mushroom shaped pinnacles. Drive to the cith of Avanos for lunch. In the afternoon visit another beautiful musium at goreme where to remains of rock- cut churches and christian settlements date back hundreds of years. Lastly before returning to our hostel, visit naturel castles at uchisar. 28 euros per person

GREEN TOUR : The tour begins with goreme panorma to see over view of goreme town and pigeon valley and then drive to Derinkuyu underground city which is most deepest one in cappadocia. After that continue to nar lake which lies in a crater. Water turtles and ducks can be observed and you can have a bath in the warm clay mud, which is beneficial for your skin and for rheumatism. Then to the ihlara valley whic his largest, deepest and longest canyon in cappadocia. The valley is like a paradise with beautiful nature and rock selime village. There is some walking with your guide about 2 kms. After that there is lunch in belisirma town and then a photo stop by the pinnacles where some of the filming of (Star Wars) was located. Then drive back to hostel. Green tour ends around 17:30. It s 33 euros per person

ATV TOUR (QUAD BIKE) : Pick up around 15:00 from our hostel, take you to company Office to make everyone together and then guide show you how to drive it. Everyone follow guide to be in a safe. Tour is 2 hours and visit swards valley, rose valley, red valley, cavuşin village, love valley and white valley. Guide give you 5 to 10 minute time to see each valley and take photo. At the end guide take you to rose valley to watch sunset. Tour is for 2 hours but might take 30 minutes longer couse of watching sunset in rose valley so come back lately around 17:30. It s 25 euros per person

TURKIHS BATH : There is face mask, sauna (15 minutes), swimming pool for ladies, full body peeling & soap massage, jacuzzi for man’s, sandel & towel, lockers, apple tea (self service)

You can get your ticket from hostel and able to get this service any time from 11:00 am to 19:00. It s 25 euros per person

TURKISH NIGHT : Pick up from our hostel around 19:30, drive about 10 minutes to get the underground restaurant. Tables ful lup with appetizer plates and there is main dish you can order to waiters. There is unlimites drinks ( vodka, wine, raki, beer and juice) Show takes about 2 hours. Profossionel dancing group showing you all the traditional dancings while you enjoying your diner. At the break time they make live music to you to dance as well. At the end driver bring you to our hostel around 22:30. It s 30 euros per person

WHIRLING DERVISH DANCING : Pick up around 17:30 from our hostel and drive to another town. Program start at 18:00 and during dervishes dancing it s not allowed to take pictures couse of it s a relagion dancing so respect. After finish their prayer then they give you some time to take pictures. It s end around 18:45 and then drive back to hostel. It s 20 euros per person.

kurleb itu tawaran paket tournya, terjemahkan sendiri ya...hehe...

Aku di Goreme cuma 2 DAY 1 NIGHT, untuk hari pertama aku pilih ikut ATV Tour dan untuk hari ke 2 ikut Red Tour. Tujuan utama  ke Cappadocia sebenarnya hanya untuk melihat hot ballon beterbangan, but..i was not lucky...cuaca tidak bagus hari itu, jadinya gagal deh berfoto berlatar belakang balon beterbangan.

Cerita dikit tentang ATV tour, tepat jam 15.00 aku dijemput di hostel oleh pihak tournya. Trus sesampai di kantor tour travelnya sudah banyak yang menunggu di situ, hampir semuanya orang orang berwajah oriental. Satu rombongan tourku sejumlah 10 orang.

Awal - awal mengendarai ATVnya itu susah banget, apalagi aku terbiasa naik motor matic yang menggunakan rem tangan, klo motor ATV kan remnya kaki, jadinya aku sering lupa ngerem dan motor nya melaju nggak di jalurnya. Dari pihak tournya sebenarnya sudah bilang kalau aku nggak bisa, mau di sopiri sama guide nya, tapi..i said no, i would try...dan yeiiii akhirnya bisa juga mengendarai motor ATV.

Tour ATV ini cuma selama 2 jam, untuk rutenya swards valley, rose valley, red valley, cavuşin village, love valley and white valley. Habis selesai tour kami di drop lagi di kantor tournya. pulangnya nggak diantarkan ke hostel ternyata, so aku jalan kaki menuju hostel..untungnya aku sudah download peta offline turkey jadinya nggak nyasar.

Sebelum pulang hostel, aku mampir dulu ke area terminal yaitu dikantor agen Kamil Koc untuk membeli tiket pulang ke Istanbul besok malam seharga 135 TL

Day 4 (tanggal 3 Juni)
Aku bangun lebih awal sekitar jam 4, untuk persiapan melihat sunset dan balon udara. Ketika keluar kamar aku ketemu ahmet dan dia bilang kalau hari ini balon tidak terbang karena cuaca tidak bagus...yahhh lemes deh, dah jauh jauh sampai Cappadocia tapi harus gagal liat balon udara terbang. Sumpeh aku kecewa banget, dengan perasaan galau  kuputuskan tetep baik ke roof top balkon untuk sekedar menikmati sunset.

After puas menikmati suasana pagi sambil foto - foto nggak jelas dan sarapan roti yang kubawa dari Kudus, lalu aku turun dan istirahat di kamar. Kemudian siap- siap untuk ikut red tour sekalian packing karena hari ini harus chek out. Jadi kopernya aku titipin di recepsionis.
traveling Cappadocia Turki
castle uchisar
Sekitar jam 10 pagi, aku dijemput guide tournya. Kebetulan posisi mobilnya agak jauh dari hostel tempat menginap alasannya sih, karena mobilnya tidak bisa masuk ke area hostel. Posisi hostelnya memang agak naik. Ternyata didalam mobil sudah banyak penumpangnya yang mau ikut tour. Setelah menjemput peserta tour kami menuju destinasi wisatanya antara lain love valey, monk valey, castle uchisar dan makan siang di avanos (gratis ya..karena sudah include biaya tour).

Memasuki summer, suhu udara di Goreme sangat panas. Hal tersebut yaang membuat aku merasa tidak nyaman saat mengikuti tour (haha..padahal dah batal puasa lho ya..masih nggak kuat sama panasnya). Karena panas dan berdebu itulah aku menggunakan masker dan karena aku satu satunya peserta tour yang menggunakan masker (takut muka gosong mak...ahaha), sampai sampai ada turis dari prancis nanya " why do you use mask? so, aku jawab aja sekenanya " i have dust alergy"..hehee..padahal aslinya takut gosong aja..

Padahal... lho...padahal aku ke Turki nya juga awal musim panas, kok ya masih tidak beruntung juga lihat balon terbang karena cuaca mendung (masih kesel mod)..belum rejeki. Mungkin ini pertanda musti kesana lagi. (ngarepp...).

Sepulang dari Tour, aku pergi ke masjid terdekat tapi sayang tidak dibuka untuk umum kecuali waktu sholat. so, aku balik ke hostel.. Karena sudah chek out, aku sudah nggak bisa masuk kamar untuk mandi, padahal tau sendiri kan seharian ikut tour dimana panas, berdebu dan kringetan. so, aku minta tolong sama ahmet untuk diijinkan mandi. Untungnya ahmet membolehkan aku mandi di share bath room di lantai atas. Habis mandi aku nunggu di loby..sambil nunggu sepi untuk sholat jamak duhur dan asyar.

Sehabis sholat dan beberes, aku segera pamit ke Ahmet dan berjalan sambil geret koper yang lumayan berat ke terminal/otogar. Sekitar setengah jam menunggu akhirnya bisnya datang juga. Di kantor agen kamil koc aku sudah di pesenin sama mas agennya kalau aku harus ganti bis di Nevsehir terminal.

So, Begitu sampai di pemberhentian pertama yaitu Nevsehir, aku turun bis dan bertanya ke sopirnya tentang pergantian bis..ternyata sopirnya dan kru tidak paham kalau aku musti ganti bis. Aku berusaha menjelaskan dalam bahasa ingris..tapi mereka nggak paham bahasa inggris. so, aku naik lagi ke bis dengan perasan galau..

Karena masih nggak yakin juga, akhirnya aku turun bis lagi untuk memastikan bis jurusan Istanbul. Setelah nanya kesana kemari akhirnya ada yang paham juga..dan bis jurusan Istanbul yang mau aku tumpangi sudah ada didekat situ. So, aku ambil koperku dan pindah bis jurusan Istanbul. Alhamdulillah..nggak jadi kesasar.

Waktu tempuh perjalanan dari Goreme - Istanbul sekitar 12 jam. Sepanjang perjalanan hanya berhenti istirahat 1 kali. Tapi karena busnya nyaman, nggak berasa capek walau menempuh perjalanan jauh. Satu hal yang menarik dari naik bus di Turki..apa tuh..sopir dan pramugaranya berdasi..(sumpah baru nemu ini di Turki). Setrikaan bajunya aja licin banget dan pramugaranya ganteng - ganteng euy..

Pelayanan bis ini lumayan bagus lho, dalam perjalanan akan mendapat minum dan snack roti  gratis(boleh milih) yang dibagikan sama pramugaranya (berasa naik pesawat deh). Menurutku Kamil Koc bus company lumayan recomended utuk transportasi darat di Turki.

 Baca juga :
Solo Traveling Ke Turki Low Budget ala Backpacker 10D9N (Part 1)

impian berfoto dengan latar belakang baloon...yang tidak kesampaian :(

Tips  ke Cappadocia:

  1. Sebaiknya pilih hotel di daerah Goreme jika ingin lebih banyak mengeksplore Cappadocia.
  2. Pilih hotel yang juga menawarkan paket tour agar lebih praktis. Atau bisa juga banding harga dulu dengan penyedia tour lokal lainnya.
  3. Jika Hot balon udara merupakan tujuan utama anda ke Cappadocia, sebaiknya spare waktu 2 atau 3 hari untuk mengantisipasi kondisi cuaca karena kalau cuaca mendung sedikit saja biasanya balon tidak diterbangkan.
  4. Pilih hotel yang memiliki layanan money changer juga  karena agak susah mencari ATM di sana, kecuali anda memiliki banyak uang lira.
  5. Gunakan layanan share airport shuttle bus jika anda menuju Goreme dengan pesawat karena itu akan lebih menghemat biaya apalagi jika anda solo traveler. 
  6. Jika anda menggunakan Bus sebaiknya pilih hotel yang dekat dengan otogar akan lebih menghemat tenaga terutama jika anda membawa koper besar...bisa dibayangkan kan repotnya geret geret koper.
  7. Jika anda mempunyai dana berlebih, cobalah untuk tinggal di hostel atau hotel yang menyediakan cave room yang merupakan salah satu ciri khas hotel di Goreme.

Solo Traveling Ke Turki Low Budget ala Backpacker 10D9N (Part 2)

CAPPADOCIA (KAPADOKYA)

Cappadocia merupakan daerah bersejarah di Anatolia Tengah, terutama di Provinsi Nevsehir, Turki. Daerah ini menjadi tujuan wisata populer karena mempunyai banyak tempat dengan sejarah,  ciri geologi, dan budayanya yang unik.

Cappadocia berisi beberapa kota, termasuk Nevsehir, Aksaray, Nigde, Kayseri, dan Kersehir. Wilayah Fairy Chimneys dan wisata bersejarah yang banyak dikunjungi turis berada di kawasan yang mencakup Uchisar, Urgup, Avanos, Goreme, Derinkuyu, Kaymakli, dan Ihlara.

Erosi membuat lembah-lembah Goreme di Cappadocia terlihat terpahat sempurna. Pada abad keempat Masehi, kebudayaan dan perkotaan di bawah tanah dimulai di daerah ini. Letusan gunung berapi dari zaman prasejarah menyelimuti daerah-daerah Cappadocia, dan dengan bantuan angin dan aliran air menyisakan bentuk-bentuk lembah dan perbukitan dengan kerucut ukiran-ukiran indah seperti di negeri dongeng yang membentang setinggi 40 meter mencuat ke atas langit.

Jadi, jika ingin mengekplorasi Cappadocia, base terbaiknya ada di Goreme. Untuk mencapai Goreme bisa dengan bisa bus, kereta, mobil sewaan maupun pesawat terbang.

Day 3 (tanggal 2 Juni)

Perjalanan menuju Cappadocia (Goreme) bisa ditempuh dengan penerbangan domestik by Turkish Airlines. Untuk rutenya bisa ambil flight Istanbul - Nevsehir (NAV) atau Istanbul - Kayseri (ASR). Karena mempertimbangkan waktu tempuh dan jarak menuju Cappadocia aku memilih rute Istanbul - Nevsehir. Untuk tiketnya aku booking langsung ke Webnya seharga TRY 352 atau sekitar 800rban.

solo traveling ke Turki

Penerbangan dari New Istanbul Airport ke Nevşehir Kapadokya Airport hanya menempuh waktu sekitar 1 jam 25 menit  by Turkish airlines.  Ini the first time pula naik pesawat Turkish. Sepertinya untuk penerbangan domestik di negara Turkey tidak terlalu ketat aturannya, penumpang bebas membawa air over 1 Liter dan bahkan boleh juga membawa hewan..hehe.. berasa naik angkutan umum alias angkot.

Untuk fasilitas pesawat Turkish Airlines lumayan juga, ada TV dan dapat breakfast. Aku sengaja mengambil penerbangan paling pagi karena sudah semalaman menginap di Bandara, Pesawat Take off pukul 06:35 waktu setempat.

Oh ya mau cerita dikit tentang New istanbul Airport ini, bandara yang besar itu sungguh membingungkan. Counter chek in nya juga banyak banget. Aku sampai berkali kali menanyakan dimana aku harus chek in, dan nggak enaknya lagi gatenya juga jauh banget plus saat menuju pesawat juga harus pakai shutle bus.So, untuk kalian yang akan melakukan penerbangan melalui bandara ini sebaiknya spare waktu lebih lama.

Nevşehir (Cappadocia) Airport ke Terra Vista Hostel, How to Get There?

Cara termurah untuk ke hotel di Goreme adalah menggunakan layanan bis antar-jemput bandara yang dapat di pesan lewat hostel. Untuk mengkonfirmasi pemesanan, kita  perlu menginformasikan nomor penerbangan, nama bandara, dan waktu kedatangan Anda.  Biayanya 30 tl per orang dari bandara Nevşehir (Cappadocia) ke hostel  dan 35 tl per orang dari bandara kayseri ke hostel. Mobil yang digunakan semacam mini van yang muat untuk penumpang sekitar 15 orang. Apabila ingin menggunakan taksi,  biayanya 250 tl  dan waktu yang dibutuhkan  lebih dari satu jam.

Anyway, Pesawat landing di Nevsehir airport tepat pukul 8.00 AM. Bandara Nevsehir ini sangat kecil cuma ada area pengambilan bagasi aja dan sedikit ruang untuk ruang tunggu. Keluar dari bandara sudah banyak orang - orang yang akan menjemput. Celingukan aku mencari orang yang membawa tulisan dengan namaku dan akhirnya ketemu juga.

Sebelum ke Turkey aku memang sudah memesan share airport shuttle bus  ke hostel lewat pihak hotel seharga 30 TL per orang. Memang lebih mudah menggunakan shuttle bus karena angkutan umum disana sangat jarang ada dan kalau menggunakan taksi juga mahal.

Hostel yang aku pesan di Goreme adalah Terra Vista Hostel, aku memilih hostel ini karena dekat dengan terminal bus (Goreme bus station) dan letaknya juga di pusat kota Goreme. Bookingnya lewat booking.com seharga 35 euro. Jangan heran ya..selain lira orang Turki juga biasa menggunakan euro untuk transaksi.

Hotel maupun hostel di Goreme, Cappadocia, biasanya memiliki gaya atau concept cave, Kalau anda kesana tidak ada salahnya mencoba cave room hotel biar tahu rasanya tinggal di cave seperti orang lokal tempo dulu.

Perjalanan menuju hotel sungguh terasa singkat karena sepanjang jalan mata kita akan dimanjakan pemandangan alamnya yang sungguh indah, berasa seperti berada di negeri dongeng. Sampai hotel sekitar jam 9.00. Untungnya Ahmet pemilik Terra Vista Hotel Baik banget, dia mengijinkan aku untuk early chek in lebih awal dan senengnya lagi kamarku di upgrade di kamar triple dengan jendela di bagian depan (triple room yang hanya kutempati sendiri sungguh tidak asyikk..hehe).

Ketemu kasur itu rasanya wowww banget,  setelah berhari hari tidur di kursi. Apalagi bednya empuk dan selimutnya tebal, beuhh nyaman banget. So,sesampai di hotel segera aku masak nasi, trus mandi dan istirahat siang.  Sorenya sekitar jam 15.00 aku ikut ATV tour. Dengan pertimbangan waktu yang terbatas dan transportasi lokal juga susah, aku memilih untuk ikut lokal tour . Kebetulan pihak hotel juga menawarkan paket - paket tour, jadi aku pesan paket tournya by hotel.

Oh ya tambahan info,  Hotel Terra Vista ini juga menyediakan layanan jasa money changer dengan kurs harga yang kompetitif, so kamu tidak perlu kuatir kehabisan lira saat berada di Goreme dan tidak perlu keluar hotel untuk mencari money changer.

Solo traveling ke Turki
ATV Tour

Berikut adalah penawaran paket tour dari Terra Vista Hostel :
We received your reservation and we confirm that your reservation ;

If you are interested to doing activities here we have best deals for our hostel guests;

BALLOON TOUR + GREEN TOUR + RED TOUR IS 215 EUROS PER PERSON

BALLOON TOUR + GREEN TOUR IS 190 EUROS PER PERSON

BALLOON TOUR + TURKISH BATH IS 180 EUROS PER PERSON

ATV SUNSET TOUR + TURKISH BATH IS 45 EUROS PER PERSON

GREEN TOUR + TURKISH NIGHT IS 60 EUROS PER PERSON

(If the balloon tour cancel couse of bad weather then we just charge other tours individually)

HOT AIR BALLOON TOUR : Pick up from hostel around 4:30 am, there is some tea or coffee service before flight, 45-60 mins flight which depends on weather and landing area, after landing there is champagne service none alcohol, certificate and they bring you back to our hostel around 7:30 am. It s 160 euros per person

RED TOUR : Depart around 10:00 am from our hostel to see Devrent Valley to see the unigue fairy – chimneys, drive to pasabag (Monk’s Valley) to see most interesting mushroom shaped pinnacles. Drive to the cith of Avanos for lunch. In the afternoon visit another beautiful musium at goreme where to remains of rock- cut churches and christian settlements date back hundreds of years. Lastly before returning to our hostel, visit naturel castles at uchisar. 28 euros per person

GREEN TOUR : The tour begins with goreme panorma to see over view of goreme town and pigeon valley and then drive to Derinkuyu underground city which is most deepest one in cappadocia. After that continue to nar lake which lies in a crater. Water turtles and ducks can be observed and you can have a bath in the warm clay mud, which is beneficial for your skin and for rheumatism. Then to the ihlara valley whic his largest, deepest and longest canyon in cappadocia. The valley is like a paradise with beautiful nature and rock selime village. There is some walking with your guide about 2 kms. After that there is lunch in belisirma town and then a photo stop by the pinnacles where some of the filming of (Star Wars) was located. Then drive back to hostel. Green tour ends around 17:30. It s 33 euros per person

ATV TOUR (QUAD BIKE) : Pick up around 15:00 from our hostel, take you to company Office to make everyone together and then guide show you how to drive it. Everyone follow guide to be in a safe. Tour is 2 hours and visit swards valley, rose valley, red valley, cavuşin village, love valley and white valley. Guide give you 5 to 10 minute time to see each valley and take photo. At the end guide take you to rose valley to watch sunset. Tour is for 2 hours but might take 30 minutes longer couse of watching sunset in rose valley so come back lately around 17:30. It s 25 euros per person

TURKIHS BATH : There is face mask, sauna (15 minutes), swimming pool for ladies, full body peeling & soap massage, jacuzzi for man’s, sandel & towel, lockers, apple tea (self service)

You can get your ticket from hostel and able to get this service any time from 11:00 am to 19:00. It s 25 euros per person

TURKISH NIGHT : Pick up from our hostel around 19:30, drive about 10 minutes to get the underground restaurant. Tables ful lup with appetizer plates and there is main dish you can order to waiters. There is unlimites drinks ( vodka, wine, raki, beer and juice) Show takes about 2 hours. Profossionel dancing group showing you all the traditional dancings while you enjoying your diner. At the break time they make live music to you to dance as well. At the end driver bring you to our hostel around 22:30. It s 30 euros per person

WHIRLING DERVISH DANCING : Pick up around 17:30 from our hostel and drive to another town. Program start at 18:00 and during dervishes dancing it s not allowed to take pictures couse of it s a relagion dancing so respect. After finish their prayer then they give you some time to take pictures. It s end around 18:45 and then drive back to hostel. It s 20 euros per person.

kurleb itu tawaran paket tournya, terjemahkan sendiri ya...hehe...

Aku di Goreme cuma 2 DAY 1 NIGHT, untuk hari pertama aku pilih ikut ATV Tour dan untuk hari ke 2 ikut Red Tour. Tujuan utama  ke Cappadocia sebenarnya hanya untuk melihat hot ballon beterbangan, but..i was not lucky...cuaca tidak bagus hari itu, jadinya gagal deh berfoto berlatar belakang balon beterbangan.

Cerita dikit tentang ATV tour, tepat jam 15.00 aku dijemput di hostel oleh pihak tournya. Trus sesampai di kantor tour travelnya sudah banyak yang menunggu di situ, hampir semuanya orang orang berwajah oriental. Satu rombongan tourku sejumlah 10 orang.

Awal - awal mengendarai ATVnya itu susah banget, apalagi aku terbiasa naik motor matic yang menggunakan rem tangan, klo motor ATV kan remnya kaki, jadinya aku sering lupa ngerem dan motor nya melaju nggak di jalurnya. Dari pihak tournya sebenarnya sudah bilang kalau aku nggak bisa, mau di sopiri sama guide nya, tapi..i said no, i would try...dan yeiiii akhirnya bisa juga mengendarai motor ATV.

Tour ATV ini cuma selama 2 jam, untuk rutenya swards valley, rose valley, red valley, cavuşin village, love valley and white valley. Habis selesai tour kami di drop lagi di kantor tournya. pulangnya nggak diantarkan ke hostel ternyata, so aku jalan kaki menuju hostel..untungnya aku sudah download peta offline turkey jadinya nggak nyasar.

Sebelum pulang hostel, aku mampir dulu ke area terminal yaitu dikantor agen Kamil Koc untuk membeli tiket pulang ke Istanbul besok malam seharga 135 TL

Day 4 (tanggal 3 Juni)
Aku bangun lebih awal sekitar jam 4, untuk persiapan melihat sunset dan balon udara. Ketika keluar kamar aku ketemu ahmet dan dia bilang kalau hari ini balon tidak terbang karena cuaca tidak bagus...yahhh lemes deh, dah jauh jauh sampai Cappadocia tapi harus gagal liat balon udara terbang. Sumpeh aku kecewa banget, dengan perasaan galau  kuputuskan tetep baik ke roof top balkon untuk sekedar menikmati sunset.

After puas menikmati suasana pagi sambil foto - foto nggak jelas dan sarapan roti yang kubawa dari Kudus, lalu aku turun dan istirahat di kamar. Kemudian siap- siap untuk ikut red tour sekalian packing karena hari ini harus chek out. Jadi kopernya aku titipin di recepsionis.
traveling Cappadocia Turki
castle uchisar
Sekitar jam 10 pagi, aku dijemput guide tournya. Kebetulan posisi mobilnya agak jauh dari hostel tempat menginap alasannya sih, karena mobilnya tidak bisa masuk ke area hostel. Posisi hostelnya memang agak naik. Ternyata didalam mobil sudah banyak penumpangnya yang mau ikut tour. Setelah menjemput peserta tour kami menuju destinasi wisatanya antara lain love valey, monk valey, castle uchisar dan makan siang di avanos (gratis ya..karena sudah include biaya tour).

Memasuki summer, suhu udara di Goreme sangat panas. Hal tersebut yaang membuat aku merasa tidak nyaman saat mengikuti tour (haha..padahal dah batal puasa lho ya..masih nggak kuat sama panasnya). Karena panas dan berdebu itulah aku menggunakan masker dan karena aku satu satunya peserta tour yang menggunakan masker (takut muka gosong mak...ahaha), sampai sampai ada turis dari prancis nanya " why do you use mask? so, aku jawab aja sekenanya " i have dust alergy"..hehee..padahal aslinya takut gosong aja..

Padahal... lho...padahal aku ke Turki nya juga awal musim panas, kok ya masih tidak beruntung juga lihat balon terbang karena cuaca mendung (masih kesel mod)..belum rejeki. Mungkin ini pertanda musti kesana lagi. (ngarepp...).

Sepulang dari Tour, aku pergi ke masjid terdekat tapi sayang tidak dibuka untuk umum kecuali waktu sholat. so, aku balik ke hostel.. Karena sudah chek out, aku sudah nggak bisa masuk kamar untuk mandi, padahal tau sendiri kan seharian ikut tour dimana panas, berdebu dan kringetan. so, aku minta tolong sama ahmet untuk diijinkan mandi. Untungnya ahmet membolehkan aku mandi di share bath room di lantai atas. Habis mandi aku nunggu di loby..sambil nunggu sepi untuk sholat jamak duhur dan asyar.

Sehabis sholat dan beberes, aku segera pamit ke Ahmet dan berjalan sambil geret koper yang lumayan berat ke terminal/otogar. Sekitar setengah jam menunggu akhirnya bisnya datang juga. Di kantor agen kamil koc aku sudah di pesenin sama mas agennya kalau aku harus ganti bis di Nevsehir terminal.

So, Begitu sampai di pemberhentian pertama yaitu Nevsehir, aku turun bis dan bertanya ke sopirnya tentang pergantian bis..ternyata sopirnya dan kru tidak paham kalau aku musti ganti bis. Aku berusaha menjelaskan dalam bahasa ingris..tapi mereka nggak paham bahasa inggris. so, aku naik lagi ke bis dengan perasan galau..

Karena masih nggak yakin juga, akhirnya aku turun bis lagi untuk memastikan bis jurusan Istanbul. Setelah nanya kesana kemari akhirnya ada yang paham juga..dan bis jurusan Istanbul yang mau aku tumpangi sudah ada didekat situ. So, aku ambil koperku dan pindah bis jurusan Istanbul. Alhamdulillah..nggak jadi kesasar.

Waktu tempuh perjalanan dari Goreme - Istanbul sekitar 12 jam. Sepanjang perjalanan hanya berhenti istirahat 1 kali. Tapi karena busnya nyaman, nggak berasa capek walau menempuh perjalanan jauh. Satu hal yang menarik dari naik bus di Turki..apa tuh..sopir dan pramugaranya berdasi..(sumpah baru nemu ini di Turki). Setrikaan bajunya aja licin banget dan pramugaranya ganteng - ganteng euy..

Pelayanan bis ini lumayan bagus lho, dalam perjalanan akan mendapat minum dan snack roti  gratis(boleh milih) yang dibagikan sama pramugaranya (berasa naik pesawat deh). Menurutku Kamil Koc bus company lumayan recomended utuk transportasi darat di Turki.

 Baca juga :
Solo Traveling Ke Turki Low Budget ala Backpacker 10D9N (Part 1)

impian berfoto dengan latar belakang baloon...yang tidak kesampaian :(

Tips  ke Cappadocia:

  1. Sebaiknya pilih hotel di daerah Goreme jika ingin lebih banyak mengeksplore Cappadocia.
  2. Pilih hotel yang juga menawarkan paket tour agar lebih praktis. Atau bisa juga banding harga dulu dengan penyedia tour lokal lainnya.
  3. Jika Hot balon udara merupakan tujuan utama anda ke Cappadocia, sebaiknya spare waktu 2 atau 3 hari untuk mengantisipasi kondisi cuaca karena kalau cuaca mendung sedikit saja biasanya balon tidak diterbangkan.
  4. Pilih hotel yang memiliki layanan money changer juga  karena agak susah mencari ATM di sana, kecuali anda memiliki banyak uang lira.
  5. Gunakan layanan share airport shuttle bus jika anda menuju Goreme dengan pesawat karena itu akan lebih menghemat biaya apalagi jika anda solo traveler. 
  6. Jika anda menggunakan Bus sebaiknya pilih hotel yang dekat dengan otogar akan lebih menghemat tenaga terutama jika anda membawa koper besar...bisa dibayangkan kan repotnya geret geret koper.
  7. Jika anda mempunyai dana berlebih, cobalah untuk tinggal di hostel atau hotel yang menyediakan cave room yang merupakan salah satu ciri khas hotel di Goreme.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar